Wallpaper Dinding Vs Cat Tembok

Pilih Wallpaper Dinding Atau Cat Tembok Lebih baik Mana?

Mungkin di luar sana banyak orang yang sedang bingung dalam mendekorasi rumah barunya harus memakai wallpaper atau cat dinding rumah biasa.

Namun, jika dilihat lebih dalam wallpaper dinding cenderung memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan cat dinding rumah.

Salah satu keunggulan wallpaper adalah ini akan membuat rumah kalian tampak lebih indah dan mempunyai nuansa yang berbeda.

Selain itu, penggunaan wallpaper dinding ini juga dapat menutupi kekurangan dinding rumah kalian yang mungkin ada retakan atau hal lainnya.

Perbandingan wallpaper dinding dan cat dinding

Agar kalian lebih yakin harus memilih yang mana antara wallpaper dinding dan cat dinding biasa, berikut ini adalah perbandingan diantara keduanya.

1. Proses Pemasangan

Dalam hal segi pemasangan, tidak memungkiri bahwa wallpaper dinding tetap jadi juaranya. Dalam sehari saja, kalian bisa menutupi satu ruangan kamar dengan ukuran 4mx4m.

Pemasangan wallpaper dinding memang terbilang mudah dan dapat dilakukan secara mandiri. Kemudian, wallpaper dapat menutupi bagian dinding rumah yang mungkin mengalami kerusakan atau retak-retak.

Jika dibandingkan dengan proses pengecatan dengan menggunakan cat dinding rumah biasa, ini memakan waktu yang lama.

Apalagi proses pengecatan itu harus terdiri dari beberapa lapisan semisal cat dasar yang harus ditunggu sampai kering.

Setelah itu, barulah dilakukan proses pengecatan yang sesuai dengan warna yang kalian inginkan. Memang idealnya proses pengecatan itu harus dilakukan sebanyak 2 lapisan agar tidak mudah luntur dan juga rusak.

2. Tidak Mudah Kotor

Keunggulan lain dari wallpaper dinding adalah lebih efisien dari segi pemasangannya dan juga tidak mudah kotor apabila dibandingkan dengan penggunaan cat tembok.

Kemudian, dari segi harga sepintas wallpaper dinding relatif mahal. Namun, ini bisa dipakai jangka panjang atau dalam waktu lama dan bahkan penggunaan wallapaper bisa bertahan 8 hingga 10 tahun.

Sementara itu, penggunaan cat dinding tembok biasa dapat memudar hanya dalam jangka waktu 2 tahun. Setelahnya kalian perlu melakukan proses pengecatan ulang kembali.

3. Hemat Waktu Pemasangan

Apabila kalian memilih untuk menggunakan wallpaper dinding ini memang lebih mudah dalam hal pemasangannya dan juga lebih hemat waktu.

Lain halnya dengan penggunaan cat dinding biasa yang mana kalian harus menunggu cat dasar kering lebih dahulu.

Kemudian kalian harus mengecat ulang agar lebih tahan lama. Selain itu, untuk dinding rumah yang mungkin catnya banyak mengelupas harus dibersihkan lebih dulu dengan cara mengamplasnya atau dikerok. Aktivitas ini tentunya membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

4. Membuat Suasana Ruangan Jadi Lebih Hidup

Wallpaper dinding diketahui mempunyai banyka pilihan motif atau tema yang bisa kalian pilih sesuai dengan kebutuhan.

Ini akan memudahkan kalian dalam memilih wallpaper dinding yang sesuai dengan tema untuk masing-masing ruangan di rumah.

Seperti misalnya tema karakter kartun yang cocok dipasang untuk ruangan kamar anak. Dengan memasangkan wallpaper dinding berkarakter motif kartun yang sesuai dengan keinginan anak, maka ruangan tersebut dapat membuat anak senang dan juga lebih betah di kamar.

Hal ini mungkin berbeda apabila kalian memilih menggunakan cat dinding karena tidak ada karakter atau motifnya.

Mungkin hanya pemilihan warna saja yang bisa disesuaikan untuk masing-masing ruangan. Semisal untuk ruangan kamar anak, kalian bisa memilih warna cat dinding rumah dengan warna yang lebih cerah ceria seperti merah muda.

5. Bisa Memilih Motif Sesuai Selera

Pemilihan wallpaper dinding ini akan membuat suasana sebuah ruangan lebih hidup dibandingkan dengan menggunakan penggunaan cat dinding rumah biasa.

Namun, ini kembali lagi pada karakter kepribadian masing-masing pemilik hunian rumah. Selain itu, kalian juga bisa menunjukkan kepribadian dan gaya pada setiap ruangan yang ada di rumah kalian melalui pemilihan warna, pola dan struktur.

6. Lebih Gampang Diperbaiki Apabila Terjadi Kerusakan

Kelebihan lain dari penggunaan wallpaper dinding ini adalah apabila terjadi kerusakan pada salah satu bagian, maka akan lebih mudah untuk diperbaiki. Kalian hanya butuh melepaskan bagian tertentu pada wallpaper dinding yang rusak tersebut dan lalu menggantinya dengan yang baru.

Lain halnya dengan cat tembok yang jika terjadi kerusakan seperti mengelupas atau berjamur, kalian perlu melakukan pengecatan ulang secara semua bagian guna memperbaikinya agar tidak ada perbedaan warna atau timpang.

7. Banyak Variasinya dan Tidak Monoton

Perlu kalian ketahui bahwa wallpaper dinding ini terdiri dari banyak jenis atau motif dan variasi bentuk maupun warnanya.

Sehingga kalian bisa menggunakan wallpaper dinding sesuai dengan kebutuhan atau sesuai dengan selera.

Mungkin ini tidak berlaku apabila kalian memilih menggunakan cat dinding rumah biasa karena lebih monoton. Kemudian hanya mengandalkan warna-warna saja untuk menghiasi sebuah ruangan.

8. Daya Tahan

Dari segi daya tahan baik wallpaper dinding ataupun cat tentunya bergantung pada kualitasnya. Pasalnya, jika kualitas material wallpaper dan cat bagus, maka keduanya akan tetap bertahan lama menempel pada dinding.

Tidak hanya itu saja, kondisi dinding rumah juga berpengaruh. Perlu diketahui bahwa wallpaper dinding ini tidak tahan lama pada dinding yang lembab, sehingga materilanya akan mudah rusak.

Namun, wallpaper dinding ini dapat menutupi kekurangan dinding terutama dari retak rambut, sedangkan cat dinding dapat memiliki ketahanan yang baik terhadap masalah kelembaban.

9. Cara Merawat

Mungkin beberapa cat dinding dengan merek tertentu tidak membutuhkan perawatan yang khusus. Apabila cat tersebut terkena kotoran dapat dibersihkan dengan mudah.

Dengan cara cukup diusap dengan spons basah dan noda langsung dapat menghilang. Namun jika cara ini tidak mempan, barulah dilakukan pengecatan ulang.

Perlu diingat, kalian perhatikan kondisi dinding saat proses pengecatan ulang. Terutama dari permasalahan cat dinding yang mengelupas, berjamur, ataupun retak.

Sementara itu, untuk wallpaper dinding yang terkena noda ataupun kotor kalian bisa membersihkannya dengan menggunakan busa yang lembut.

Dengan cara kalian harua membersihkan wallpaper dinding itu secara pelan-pelan dan jangan terlalu banyak airnya.

Apabila terlalu banyak air maka ini dapat membuat wallpaper rentan sobek atau rusak. Namun, jika wallpaper itu tidak dapat dibersihkan maka ada cara lain yakni dengan mengganti wallpaper dinding yang baru.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

open

Welcome Reseller

Konsultasi gratisHubungi Kami