Tips Memilih Wallpaper untuk Ruang Tamu

Tips Memilih Wallpaper untuk Ruang Tamu

Cara paling mudah untuk menghiasi ruang tamu agar terlihat cantik adalah dengan penggunaan wallpaper.

Kemudian, apabila sang pemilik rumah merasa bosan dengan motifnya, wallpaper dinding dapat digonta-ganti. Selain itu, apabila cat tembok di rumah, khususnya di ruang tamu tampak retak dengan memasang wallpaper pada dinding bisa jadi solusi terbaik.

Namun, dalam memilih wallpaper untuk ruang tamu harus dipertimbangkan sesuai dengan kebutuhan dan juga karateristik sebuah ruangan.

Maka dari itu, agar tidak salah dalam menentukan wallpaper yang tepat bagi ruangan tamu Anda. Berikut kami berikan tips dalam memilih wallpaper supaya tidak asal:

1. Perhatikan Komposisi Ruangan

Sebelum memasang wallpaper pada ruang tamu pemilik rumah harus memerhatikan komposisi ruangannya.

Untul ruangan yang ukurannya kecil, wallpaper cukup dipasang pada satu sisi ruangan.
Hal ini dilakukan agar ruangan lebih terlihat lega dan luas. Sementara, untuk ruangan yang lebih besar, Anda bebas memilih wallpaper apa saja yang penting disesuaikan dengan konsep dan fungsi ruangan.

Pemilihan motif pada sebuah ruang tamu juga perlu diperhatikan. Untuk ruang tamu dengan kondisi yang sempit atau plafon yang tinggi, kalian bisa memilih motif horizontal dan tidak terlalu ramai. Selain motif warna yang dipilih juga berpengaruh, maka Anda harus memilih warna yang terang.

Baca Juga : Tips Memilih Wallpaper Dinding untuk Kamar Anak Perempuan

2. Sesuaikan dengan Karakter Penghuni

Dalam memilih wallpaper juga tidak terlepas dari faktor psikologis yang artinya Anda butuh menentukan motif dan warnanya dengan tepat.

Oleh karena itu, pilihlah wallpaper yang sesuai dengan keinginan dan kenyamanan penghuni rumah. Apalagi ruang tamu adalah ruangan tempat untuk bersantai dan juga menikmati waktu bersama dengan keluarga.

3. Pemilihan Wallpaper untuk Ruang Tamu yang Luas

Apabila Anda memiliki ruang tamu dengan ukuran luas hal ini seharusnya lebih gampang dalam menentukan bermacam motif wallpaper.

Namun, ukuran luas sebuah ruangan setiap rumah itu berbeda-beda. Ruangan yang luas tanpa adanya sentuhan dekorasi pun akan tampak kurang bagus dan terlihat kosong.

Mak dari itulah di sini peran wallpaper sangat berguna untuk mengisi kekosongan pada ruang tamu Anda. Kemudian pilihlah warna wallpaper yang tepat dan cenderung gelap seperti ungu, biru tua, dan coklat tua dengan motif abstrak.

4. Jangan Lupa Pertimbangkan Pencahayaan

Sebuah rumah ada area yang tersinari cahaya matahari dan adapula yang tidak. Padahal, pencahayaan memiliki pengaruh yang besar dalam menyelaraskan wallpaper dengan konsep ruangan.

Maka, untuk menciptakan ruangan yang terkesan luas dan terang, Anda bisa memilih wallpaper berwarna cerah. Apalagi, jika ruang tamu Anda minim cahaya yang masuk.

Kemudian, jika ruangan di rumah Anda menggunakan lampu warna warm light, sebaiknya pilih wallpaper berwarna jingga, kuning, atau emas. Warna-warna ini akan lebih cocok, karena lebih mencolok atau warnanya terkesan mentereng.

5. Pemilihan Wallpaper untuk Ruang Tamu dengan Atap Rendah

Apabila Anda mempunyai ruang tamu dengan ukuran atap yang rendah biasanya cenderung memberikan kondisi suasana yang sumpek. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa memilih wallpaper dinding dengan motif vertikal.

Sebagai contoh, motif abstrak yang memanjang ke atas, motif garis tegak, atau motif pohon. Kemudian, tentukan juga warna yang cocol untuk bentuk ruang tamu dengan atap yang rendah misalnya warna yang lebih tua dari warna langit-langit ruangan.

6. Antara Wallpaper Dinding Harus Serasi dengan Perabot Pengisi Ruangan

Hal yang penting lainnya dalam memilih wallpaper dinding untuk ruang tamu Anda adalah keserasian antara wallpaper dengan perabotan yang ada.

Yang utama adalah pemilihan warna yang tepat agar tidak saling tabrakan antara perabotan dengan warna motif wallpaper yang dipasang.

Caranya seperti ini apabila aksen furnitur di ruang tamu tampak ramai, sebaiknya Anda pilih wallpaper dinding dengan warna yang netral atau lembut.

Misalnya Anda bayangkan apabila konsep rumah Anda bergaya scandinavian sedangkan wallpaper yang dipilih berwarna merah dengan corak yang ramai? Pasti, hal ini akan tampak aneh dan tidak harmonis.

Namun, jika furnitur yang Anda miliki adalah minimalis maka warna wallpaper yang dipilih bisa lebih ramai.

7. Seimbangkan dengan Konsep dan Fungsi Ruangan

Yang pertama harus dilakukan adalah menentukan sebuah konsep ruangan yang ingin Anda wujudkan.

Kemudian, Pikirkan baik-baik, atmosfer seperti apa yang hendak ditonjolkan dalam ruangan itu, apakah nuansa yang colorful, lebih tenang, atau justru ingin yang formal.

Dengan ini, akan memudahkan Anda dan tentunya lebih terarah saat memilih wallpaper dinding untuk ruang tamu idaman.

Untuk konsep ruang tamu yang formal, Anda bisa menggunakan warna-warna akromatik yakni perpaduan warna terang dan gelap, seperti putih, hitam, atau abu-abu.

Lalu, untuk ruang tamu yang mungkin dibuat dengan konsep bermain anak bisa memakai motif lucu dengan warna-warna yang cerah.

8. Pilihlah Bahan Wallpaper yang Sesuai dengan Kondisi Rumah Anda

Dalam memilih wallpaper, sangat perlu juga diperhatikan bahan yang sesuai dengan keadaan ruang tamu di rumah Anda.

Pasalnya, ada berbagai macam bahan wallpaper dinding ruang tamu yaitu, berbahan foil, textile dan vinyl. Untuk wallpaper dengan berbahan foil dan textile sangat sulit untuk dibersihkan.

Maka dari itu, sebaiknya Anda memilih wallpaper dinding yang berbahan vinyl karena lebih mudah dibersihkan.

Apalagi, jika Anda mempunyai anak kecil di rumah yang senang bermain di area ruang tamu atau mungkin mencoret-coret dinding dan nodanya tetap membekas. Keuntungan wallpaper dari bahan vinyl selain mudah sekali dibersihkan juga memiliki daya tahan tinggi terhadap udara lembap.

Jangan sungkan jika ini beli Wallpaper dinding di tempat kami Queen Interior Murah

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

open

Welcome Reseller

Konsultasi gratisHubungi Kami